Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di MAN 19 Jakarta Selatan

Rabu, 6 Nopember 2019 10:00:00 | Press Release

Pada hari Rabu, tanggal 06 November 2019 sekira jam 08.00 WIB, bertempat di MAN 19 Jakarta Selatan, Jl. H. Muchtar Raya, RT.10/RW.11, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, telah dilaksanakan acara Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, acara dihadiri oleh Kepala Sekolah Beserta Guru dan para Siswa-Siswi MAN 19 Jakarta Selatan.

Kegiatan Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Tahun 2019 dengan tema “Jaksa Sahabat Anak Indonesia, Kenali Hukum Jauhkan Hukuman” untuk Sekolah se-Jakarta Selatan. Jadwal Program JMS Kejari Jakarta Selatan kali ini dilaksanakan di MAN 19 Jakarta Selatan. Acara Jaksa Masuk Sekolah dilakukan dalam bentuk penyuluhan hukum kepada Siswa-Siswi MAN 19 Jakarta Selatan.

Selaku narasumber dalam penyuluhan hukum tersebut yakni: 

  1. Indra Jaya, SH (Kasubsi Sospol Bidang Intel Kejari Jakarta Selatan).
  2. Anesta Lastya, SH (Jaksa Fungsional pada Bidang Intelijen Kejari Jaksel).

 Adapun Materi dalam Penyuluhan Hukum tersebut yakni :

  1. Pengenalan Lembaga Kejaksaan.
  2. Bahaya Penyalahgunaan Narkotika.
  3. ITE.

Tujuan dilaksanakannya Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan tersebut adalah :

  • Menumbuhkan Generasi Muda khususnya Sekolah se-Jakarta Selatan yang  taat Hukum.
  • Memberikan informasi tentang Hukum sejak tingkatan sekolah kepada pelajar, menuju pada sikap kenalkan hukum jauhi hukuman pada generasi muda.
  • Menanamkan semangat Anti Korupsi sejak Tingkat sekolah menengah Atas dan memberikan kesadaran bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab lembaga penegak Hukum, melainkan menjadi tanggung jawab setiap komponen masyarakat termasuk generasi muda.
  • Membentuk profil generasi muda di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang kenal dan taat Hukum.

Poin pemberian materi narasumber secara garis besar menyampaikan materinya menekankan bahwa diselenggarakannya penyuluhan hukum ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan visi misi Kejaksaan RI yaitu kenali hukum jauhi hukuman, serta kegiatan ini digelar sebagai penyuluhan hukum kepada para pelajar sebagai bentuk pelayanan publik berupa sosialisasi penerangan hukum agar para pelajar sejak dini lebih mengenal Apa itu Kejaksaan baik secara kelembagaannya, fungsinya maupun kewenangannya.

Pemberian materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber berjalan siswa-siswi MAN 19 Jakarta Selatan mengapresiasi dan terjadi komunikasi dua arah dimana tidak hanya narasumber yang menyampaikan materi tetapi para peserta pun ikut aktif dalam kegiatan ini sehingga banyak terjadi tanya jawab. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi quiz dan pemberian doorprize.

 

News Ticker

  • Kejari Jaksel melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jaksel dan dapat diambil pada hari Senin s/d Kamis jam (08.00 - 15.00 Wib)
  • Loket Pendaftaran Pelayanan Tilang dibuka mulai pukul 08.00 s.d 11.30 WIB. Pukul 11.30 - 15.00 WIB, hanya melayani yang sudah terdaftar.
  • Untuk Hari Jum'at, jam (08.00 - 15.00 Wib) Kejari Jaksel hanya melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor sesuai tanggal pada hari sidang yang ditentukan dalam surat bukti tilang
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.