Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Jaksa Menyapa Kejari Jakarta Selatan bersama RRI PRO 1 91.2 FM Jakarta

Kamis, 26 Nopember 2020 15:30:00 | Press Release

Pada hari Kamis tanggal 26 November 2020 Sekitar Pukul 15.00 Wib, bertempat di Radio Republik Indonesia (RRI) RRI PRO 1 91.2 FM Jakarta, Jl. Medan Merdeka Barat 4-5 Jakarta Pusat, telah berlangsung kegiatan Program Jaksa Menyapa Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Dalam Kegiatan Jaksa Menyapa tersebut yang menjadi Tim Narasumber yakni Bapak SRI ODIT MEGONONDO, SH.,MH selaku Kasi Intel Kejari Jakarta Selatan, Bapak DONNY MAHENDRA SANY, SH.,MH selaku Kasubsi Penuntutan Seksi Tindak Pidana Umum dan FERDY ARYA NULHAKIM, SH selaku Kasubsi Ekmon Bidang Intelijen Kejari Jakarta Selatan, selanjutnya acara Jaksa Menyapa tersebut dipandu oleh penyiar RRI PRO 1 91.2 FM Jakarta.

Tema atau materi yang diangkat dalam program Jaksa Menyapa Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan bersama RRI PRO 1 91.2 FM Jakarta yaitu Penguatan Layanan Publik di Bidang Penegakan Hukum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Bahwa berikut poin-poin penting yang disampaikan Tim Narasumber Kejari Jakarta Selatan terkait materi atau tema yakni terkait Penguatan Layanan Publik di Bidang Penegakan Hukum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sebagai berikut :

  • Dalam mewujudkan penguatan pelayanan publik pada masa pandemic covid – 19, Kejari Jakarta Selatan menerapkan protokol Covid pada setiap titik / area yang bersinggungan pada ranah pelayanan publik :
    1. Menerapkan 3 M (memakai masker , mencuci tangan , menjaga jarak);
    2. Melakukan disinfektan secara rutin pada area kantor serta penerapan pencegahan covid – 19
    3. Melakukan inovasi berbasis teknologi pada sektor penegakan hukum
  • Dalam rangka pencegahan serta menekan angka penyebaran Covid – 19, maka Kejaksaan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk mendukung tugas dan fungsi kejaksaan dalam melaksanakan tugas:
    1. Pelaksanaan Tahap II secara online;
    2. Persidangan secara teleconference;
    3. Penguatan layanan pengambilan tilang
  • Pelaksanaan Tahap II Online: Penyidik dan Tersangka tetap berada di Kantor Kepolisian setempat sedangkan Jaksa berada di Kantor Kejaksaan. Penelitian Tersangka dilakukan dengan cara video conf antara penyidik dan JPU, dan setelah itu penyidik menyerahkan barang bukti kepada JPU  (sedangkan terhadap Tersangka tetap berada di Rutan). Pada masa sebelum pandemic tidak dikenal tahap II secara teleconferrence.
  • Pelaksanaan Sidang secara Teleconfference didasarkan kepada MOU yang dilakukan oleh MA RI , Kejaksaan RI dan Kementerian Hukum dan Ham. Dimana dalam rangka pencegahan penyebaran Covid – 19, maka masing-masing institusi tersebut dituntut untuk melakukan sidang secara teleconference (media zoom). Hakim à Kantor Pengadilan,  Jaksa à Kantor Kejaksaan, Tersangka à RUTAN setempat 
  • Jumlah penuntutan yang dilakukan secara online yang telah dilaksanakan di wilayah Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sejak Maret 2020 s/d sekarang mencapai angka = +/- 700 perkara (khusus wilayah Jakarta Selatan saja)

Dari inovasi tersebut secara eksplisit menegaskan bahwa Negara dalam sektor penegakan hukum tetap hadir meskipun dalam masa pandemic Covid -19.“Fiat Justitia Ruat Cuellum”

  • Penguatan Pelayanan Pengambilan Tilang Kejari Jakarta Selatan memiliki layanan pengambilan tilang secara COD dan Drive Thru pada kantor Kejari Jakarta Selatan: 
    1. Layanan Tilang COD : masyarakat harus mendaftar H-1 di hari kerja , foto surat tilang ke Nomor WA tersebut dan menyertakan alamat lengkap serta no hp aktif yang dapat dihubungi (100 orang / hari) 
    2. Layanan Tuilang Drive thru : masyarakat mendaftar H-1 di hari kerja, foto surat tilang ke Nomor WA tersebut (100 orang / hari)

Petugas admin akan membalas dan menentukan jadwal pengambilan dan pembayaran denda tilang.

Setelah acara pemaparan materi oleh Tim Narasumber Kejari Jakarta Selatan, kemudian kegiatan program Jaksa Menyapa Kejari Jakarta Selatan bersama RRI PRO 1 91.2 FM Jakarta dilanjutkan dengan sesi dialog atau tanya jawab dengan pendengar, dimana penyiar memberikan kesempatan kepada pendengar untuk bertanya kepada narasumber melalui Line telepon.

News Ticker

  • Sehubungan diberlakukannya kembali PSBB di Wilayah DKI Jakarta, maka Pelayanan Pengambilan Tilang di Loket Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan ditutup sampai dengan batas waktu yang akan kami beritahukan kemudian.
  • Untuk Sementara Pengambilan bukti tilang di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan hanya melayani 200 pelanggar setiap harinya melalui :
  • 1. Pelayanan Tilang Cash On Delivery (COD) Khusus Wilayah DKI Jakarta (Pendaftaran melalui Whatsapp Nomor : (0852-8739-4167).
  • 2. Pelayanan Tilang Drive Thrue (Pendaftaran melalui Whatsapp Nomor : 0821-2183-0076)
  • Untuk Hari Jum'at, jam (08.00 - 15.00 Wib) Kejari Jaksel hanya melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor sesuai tanggal pada hari sidang yang ditentukan dalam surat bukti tilang
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.