Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Penyuluhan Hukum di SMA Negeri 26 Jakarta Selatan

Rabu, 17 Juli 2019 16:54:18 | Press Release

Pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019, sekira jam 09.00 WIB, bertempat di SMA Negeri 26 Jakarta Jl. Tebet Barat IV Rt.07 Rw.02 Tebet Barat, Kecamatan Tebet Kota Jakarta Selatan telah dilaksanakan acara Kegiatan Penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan Hari Ulang Tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2019 di Wilayah Kejari Jakarta Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Ketua IAD Pusat Ny. ARMINSYAH beserta pengurus IAD Pusat, Ketua IAD Wilayah DKI Jakarta Ny. TINI WARIH SADONO, Ketua IAD Daerah Jakarta Selatan Ny. Fina Anang dan turut hadir Wakajati DKI Jakarta YUDI HANDONO, SH.,MH dan Kajari Jakarta Selatan ANANG SUPRIATNA, SH, MH beserta para Kasi.

Acara penyuluhan Hukum dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan hari Ulang Tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dhamakarini Tahun 2019 diawali dengan dengan sambutan ibu Ketua IAD Pusat Ny. ARMINSYAH dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan Hukum di SMAN 26 Jakarta ini merupakan salah satu tugas Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum yakni turut menyelenggarakan peningkatan kesadaran hukum masyarakat. Peningkatan keasadaran hukum masyarakat tersebut dilaksanakan salah satunya dengan penyuluhan Hukum sehingga kelak dapat menjadi generasi penerus bangsa dan memiliki masa depan yang baik.

Bahwa setelah acara dibuka dengan sambutan dari ibu Ketua IAD Pusat dilanjutkan dengan pembacaan Doa bersama dan acara penyuluhan Hukum dimulai dengan tema sebagai berikut:

  1. Pengenalan Lembaga Kejaksaan 
  2. Bahaya penggunaan narkotika dan zat adiktif lainnya
  3. Informasi transaksi elektronik

Sebagai narasumber dalam acara kegiatan penyuluhan Hukum tersebut adalah: 

  1. SONY ADHYAKSA, SH, MH, Penkum Kejaksaan Agung RI;
  2. ERNY VERONIKA MARAMBA, SH,M.Hum, Kabag TU Kejati DKI Jakarta;
  3. ARYA WICAKSANA, SH, MH, Kasi Pidum Kejari Jaksel.

Dalam memberikan materi penyuluhan Hukum kepada para siswa SMAN 26 Jakarta, para narasumber bergantian dalam pemaparan materi dengan garis besar menekankan bahwa diselenggarakannya penyuluhan Hukum ini sebagai salah satu bentuk visi dan misi Kejaksaan RI yaitu Kenali Hukum jauhi Hukuman, serta kegiatan ini digelar sebagai penyuluhan hukum kepada para pelajar sebagai bentuk pelayanan publik berupa sosialisasi penerangan Hukum agar para pelajar sejak dini lebih mengenal apa itu Kejaksaan baik secara kelembagaannya, fungsinya maupun kewenangannya serta untuk materi kedua pelajar diberikan kesadaran tentang bahaya Narkotika, pidana terkait narkotika, kemudian untuk materi terakhir tentang ITE dimana para pelajar agar lebih arif dan berhati-hati dalam bermedia sosial.

Pemberian materi yang disampaikan para siswa SMAN 26 Jakarta mengapresiasi dan terjadi komunikasi dua arah diaman tidak hanya narasumber yang menyampaikan tetapi para peserta pun aktif dalam kegiatan ini sehingga banyak terjadi tanya jawab.

Selanjutnya acara di tutup dengan pemberian plakat Kepala Sekolah SMAN 26 Jakarta dan penyerahan cinderamata atau sumbangan Peralatan Olahraga dari IAD Pusat kepada Kepala Sekolah SMAN 26 Jakarta.

Bahwa secara keseluruhan rangkaian kegiatan penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan Hari Ulang Tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2019 di wilayah Kejari Jakarta Selatan berlangsung aman, lancar dan terkendali.