Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Penyuluhan Hukum di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan

Selasa, 16 Juli 2019 18:00:00 | Press Release

Pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2019, sekira jam13.00 WIB, bertempat di SMA Negeri 3 Jakarta Jl. Taman Setiabudi II No.1 Rw.2 Kuningan kecamatan Setiabudi Kota Jakarta Selatan, telah dilaksanakan acara Kegiatan Penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan Hari Ulang Tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2019 di Wilayah Kejari Jakarta Selatan. Tema yang diangkat dalam Penyuluhan Hukum tersebut yakni “Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Zat Adiktif lainnya, serta Informasi dan transaksi Elektronik (ITE), acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum IAD Pusat Ibu Jaksa Agung RI Ny.ROS ELLYANA PRASETYO didampingi oleh Ibu Ketua IAD Pusat Ny. ARMINSYAH beserta pengurus IAD Pusat, Ketua IAD Wilayah DKI Jakarta Ny. TINI WARIH SADONO, Ketua IAD Daerah Jakarta Selatan Ny. Fina Anang dan turut hadir Wakajati DKI Jakarta YUDI HANDONO, SH.,MH dan Kajari Jakarta Selatan ANANG SUPRIATNA, SH.,MH beserta para Kasi.

Acara penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan hari Ulang tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dhamakarini tahun 2019, diawali dengan pentas seni berupa pergelaran Band yang ditampilkan para siswa SMAN 3 Jakarta dilanjutkan dengan sambutan ibu Ketua Umum IAD Pusat Ny. ROS ELLYANA PRASETYO, dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan Hukum di SMAN 3 Jakarta bertujuan memberikan kesadaran Hukum kepada para siswa dan mengenalkan Narkotika serta bahayanya, serta manfaat penyuluhan Hukum agar siswa sekolah sadar hukum, paham hukum dari sejak kecil, ketidak tahuan akan Undang-undang bukanlah alasan pemaaf dimana setiap orang dianggap tau akan Undang-undang sejak dituangkan dalam lembaran negara, untuk itu para siswa agar taat dan sadar hukum.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi penyuluhan Hukum kepada para siswa SMAN 3 Jakarta sebagai narasumber yakni sdr. GINANJAR dari yayasan rekan sebaya dan Kasi Pidum Kejari Jaksel ARYA WICAKSANA, SH.,MH dimana dalam pemberian materi penyuluhan hukum tersebut membahas tentang bahaya narkoba yakni apa itu narkotika dalam UU No.35 tahun 2019 tentang narkotika ditegaskan bahwa narkotika adlah zat atau bukan tanaman baik sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahab kesadaran hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, Jenis-jenis Narkotika yakni Golongan I (ada 65 jenis), golongan II (ada 86 jenis), Golongan III (ada 39 jenis) total ada 190 jenis Narkotika.

Tiga Alasan mengapa masih banyak yang menyalahgunakan narkotika diantaranya yakni karena seseorang menggunakan narkoba merasa hebat, untuk melepas kepenatan dan karena hal biasa (permissive belief). Korban penyalahgunaan dan pecandu narkotika masuk kedalam lembaga Rahabilitasi Medis dan rehabilitasi Sosial.

Poin pemberian materi kedua yakni “Cyber Crime dan Bullying” pengertian Cyber Crime adalah jenis kejahatan baru yang menggunakan internet sebagai media untuk melakukan tindak kejahatan dengan munculnya era internet dan jenis pelanggaran cyber crime sangat beragam sebagai akibat dari penerapan teknologi, cyber crime berupa dapat berupa penyadapan dan penyalahgunaan informasi atau data yang berbentuk elektronik maupun yang ditransfer secara elektronik, penipuan secara internet, pengerusakan system virus.

Setelah pemberian materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber berjalan dengan kondusif dan lancar selanjutnya dengan dilaksanakan penyuluhan hukum tersebut diharapkan adanya peningkatan kesadaran hukum dimana nantinya para siswa yang belum memahami tentang hukum dapat mengetahui sedikit banyaknya pengetahuan kesadaran hukum yang telah disampaikan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian marchendise dan peralatan olahraga kepada pihak sekolah SMAN 3 Jakarta yang diberikan secara simbolis oleh ketua Umum IAD pusat yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 3 Jakarta.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan Hari Ulang Tahun XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2019 di wilayah Kejari Jakarta Selatan berlangsung aman, lancar dan terkendali.

News Ticker

  • Kejari Jaksel melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jaksel dan dapat diambil pada hari Senin s/d Kamis jam (08.00 - 15.00 Wib)
  • Loket Pendaftaran Pelayanan Tilang dibuka mulai pukul 08.00 s.d 11.30 WIB. Pukul 11.30 - 15.00 WIB, hanya melayani yang sudah terdaftar.
  • Untuk Hari Jum'at, jam (08.00 - 15.00 Wib) Kejari Jaksel hanya melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor sesuai tanggal pada hari sidang yang ditentukan dalam surat bukti tilang
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.